Artikel

DISPORAPAR GELAR PRESS CONFERENCE POPNAS KE-14

Share this Post:

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah selaku leading sector penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-14 di Jawa Tengah, (10-21/9), menggelar press conference dengan sejumlah awak media.

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah selaku leading sector penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-14 di Jawa Tengah, (10-21/9), menggelar press conference dengan sejumlah awak media.

Press Conference di aula lantai 4 gedung Disporapar Prov. Jateng, Rabu (16/8), dihadiri awak media cetak maupun elektronik baik lokal maupun nasional.

Saat Press Conference, Kepala Disporapar Prov. Jateng, Urip Sihabudin, menegaskan dengan mengusung visi “Spirit of Achievement". Jawa Tengah siap menyelenggarakan POPNAS ke-14.  “Berbagai kesiapan mulai akomodasi hingga venue pertandingan sudah dipersiapkan dengan matang,” tuturnya.

Hanya saja untuk venue Cabor Dayung di Rawa Pening, masih dalam proses pembersihan dari tanaman enceng gondok. “Track 1600 meter sudah siap, sisa 400 meter selesai sampai akhir agustus,” katanya.

Ditanya terkait target juara, Urip mengaku optimis Jateng bisa juara umum, namun demikian dirinya tidak muluk-muluk Jateng bisa juara umum. Dirinya tidak bisa menampik kemungkinan provinsi lain yang nantinya juara, karena dalam sebuah pertandingan olahraga segala kemungkinan bisa terjadi, tandasnya.

“Kesiapan atlet sudah dipersiapkan mulai tahapan seleksi, tim bayangan, hingga uji coba dengan provinsi lain. Sebanyak 456 atlet yang disiapkan sudah diuji cobakan hampir keseluruhan. Kita tidak bisa memperhitungkan kemampuan lawan yang belum muncul, kita sudah optimalkan yang terbaik,” katanya.  

Urip menuturkan, untuk jumlah peserta sampai saat press conference sebanyak 5800 peserta dari 34 Provinsi se-indonesia, 2500 panitia, Wasit dan Juri serta 1.000 pendamping kontingen tiap provinsi.

Lebihlanjut, untuk upacara pembukaan diselenggarakan di lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Senin (11/9) pukul 19.00 WIB, sedangkan upacara penutupan juga diselenggarakan di lapangan Pancasila Simpang Lima, Rabu (20/9). 

POPNAS di Jateng digelar di 5 daerah, yaitu Kota Semarang, Kab. Semarang, Kendal, Kota Solo, Kab. Grobogan. Diajang ini mempertandingkan 25 Cabang Olahraga (Cabor), 4 Cabor diantaranya merupakan Cabor eksibisi yaitu Anggar, Panjat Tebing, Sepatu Roda dan Wushu.

Dalam press conference ini diperkenalkan Maskot POPNAS ke-14 yaitu Si Podang, Logo dan juga jingle POPNAS ke-14. Setelah press conference, para awak media diajak meninjau langsung beberapa venue olahraga yang bakal dijadikan tempat pertandingan. (ahmad)

LINK TERKAIT