Artikel

Berlibur dan Belajar di Wisata Baru Kampung Sawah Mijen

Share this Post:

Wisata baru di Kota Semarang, Kampung Wisata Sawah Mijen sedang ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Semarang. Tidak hanya menikmati pemandangan dan berfoto, tetapi dapat juga belajar tentang cara bertani.

Wisata baru di Kota Semarang, Kampung Wisata Sawah Mijen sedang ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Semarang. Kampung Wisata ini baru diresmikan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi pada 30 Desember 2018 lalu. Objek wisata edukasi dan swafoto ini berada di Jl. Duwet, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Hamparan persawahan dengan background Gunung Ungaran, memiliki luas 500  hektare. Untuk dapat mencapai tengah persawahan bisa melewati jalan setapak yang terbuat dari tatanan bambu yang di cat berwarna-warni. Di tengah-tengah persawahan terdapat spot foto yang berbentuk love yang berukuran 10x10 meter yang terbuat dari bambu juga. Ini adalah spot foto favorit bagi para pengunjung karena hamparan persawahan dan Gunung Ungaran yang dapat memperindah foto.

Tidak hanya menikmati pemandangan dan berfoto, tetapi dapat juga belajar tentang cara bertani. Beberapa kegiatan nya yaitu dapat belajar cara menanam padi, membajak sawah, memerah susu sapi, hingga belajar berkebun microgreen atau rockwool sebagai pengganti tanahnya. Bagi yang belum tahu, rockwool merupakan salah satu media tanam hidroponik yang mampu menyerap banyak pupuk cair. Nah untuk yang penasaran, Kampung Wisata Sawah Mijen bisa jadi tempat yang cocok untuk berlibur sekaligus menambah pegetahuan. Tidak hanya itu saja, disini juga dapat belajar tari tradisional lho.  

Ada lagi yang menarik dari Kampung Wisata Sawah Mijen yaitu rumah burung hantu. Rumah burung hantu sengaja disediakan oleh pemilik sawah gunanya untuk membantu memangsa atau mengusir tikus sawah. Bagi yang ingin menuju lokasi ini bisa melewati pemancingan Gebyar Sumyah yang jalanya sudah diaspal dengan dicat warna-warni yang menjadikan lokasi disini semakin menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk ke Wisata Sawah Mijen terbilang sangat murah hanya Rp 3000 rupiah saja sudah dapat menikmati pemandanganya, ber swafoto di berbagai spot, melihat kebun sirsak dan rumah burung hantu serta mendapat pengetahuan tentang bertani, memerah sapi hingga menari tradisional. Tempat wisata ini bisa dibilang cukup worth it karena tidak hanya berlibur menghilangkan penat tetapi juga dapat belajar hal-hal baru. Untuk yang mengunjungi tempat ini pada akhir pekan, rencananya akan diadakan berbagai event menarik seperti pertunjukan kesenian, bazar pasar murah, bazar hasil bumi khas Mijen serta lomba kicau burung. Menarik sekali ya Kampung Wisata Sawah Mijen ini.

Sumber foto : jateng.tribunnews.com

LINK TERKAIT