Artikel

MENJELAJAHI HAMPARAN KEBUN TEH DI PUNCAK NGARGOYOSO

Share this Post:

Perkebunan Teh Kemuning terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Perkebunan ini terhampar pada lahan seluas 437 hektar dengan ketinggian tempat antara 800 hingga 1.540 meter dan suhu udara rata-rata 21,5 derajat celcius. Lokasinya tak jauh dari Kota Surakarta, hanya membutuhkan waktu selama 1 jam perjalanan. Perjalanan menuju Kebun Teh Kemuning cenderung berkelok-kelok.

Perkebunan Teh Kemuning terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Perkebunan ini terhampar pada lahan seluas 437 hektar dengan ketinggian tempat antara 800 hingga 1.540 meter dan suhu udara rata-rata 21,5 derajat celcius. Lokasinya tak jauh dari Kota Surakarta, hanya membutuhkan waktu selama 1 jam perjalanan.

Perjalanan menuju Kebun Teh Kemuning cenderung berkelok-kelok. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum dengan rute Karangpandan, Ngargoyoso, dan Jenawi. Terlihat pemandangan kebun teh yang indah di sisi kanan dan kiri jalan dalam perjalanan menuju kesana. Juga udara sejuk yang segera menyambut para wisatawan saat mulai memasuki kawasan Ngargoyoso.

Setibanya disana, para wisatawan dapat menjelajahi kebun teh untuk melihat hamparan perkebunan teh yang luas dan melihat proses pemetikan teh oleh sejumlah petani. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati olahraga bersepeda, paralayang, terjun payung, camping maupun kegiatan outbond lainnya. Bagi wisatawan yang membawa anak kecil jangan khawatir, karena kebun teh kemuning juga menyediakan berbagai jenis permainan yang dapat dinikmati pengunjung. Atau wisatawan juga bisa menikmati kuliner yang berada di area perkebunan teh kemuning.

Kuliner yang tersedia di Perkebunan Teh Kemuning salah satunya adalah Rumah Teh Ndoro Donker. Setelah menyusuri perkebunan teh kemuning, Rumah Teh Ndoro Donker merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat, bersantai sembari menikmati secangkir teh. Rumah teh yang merupakan peninggalan Belanda ini menyajikan beraneka ragam jenis teh. Pengunjung dapat memesan ukuran cangkir, maupun menggunakan poci yang bisa digunakan untuk beberapa orang sekaligus. 

Perkebunan yang terletak di kaki Gunung Lawu ini awalnya merupakan peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1925. Sedangkan Rumah Teh Ndoro Donker yang berada satu lokasi dengan perkebunan tersebut, awalnya merupakan rumah pengawas area perkebunan yang juga berperan dalam memberi pelajaran bagi penduduk sekitar untuk bercocok tanam. Kebun teh ini terletak diantara dua candi, yaitu candi Sukuh dan candi Cetho. Juga berada pada kecamatan yang sama dengan air terjun Jumog. Hal tersebut membuat para wisatawan yang datang, dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata sekaligus

LINK TERKAIT