Artikel

Popda Jateng 2022 Dimulai, Ganjar : Semoga Atlet Pencatat Rekor Dunia Muncul Dari Sini

Share this Post:

SEMARANG - Kiromal Katibin, atlet panjat tebing Indonesia asal Batang menjadi satu contoh yang disampaikan Gubernur Ganjar Pranowo saat sambutan pada pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2022, Selasa (12/7).

“Betapa senangnya saya ketika kemarin melihat mendengar videonya dari temenmu, namanya Kiromal dari Batang. Kemarin menjadi juara dunia panjat tebing yang sangat cepat sekali,” ucap Ganjar mengawali sambutannya.

Ganjar mengatakan, para atlet yang akan berkompetisi di Popda Jateng 2022 telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Proses panjang dilewati, tawa hingga tangis mengiringi.

“Kita semua akan melihat bagaimana para pelajar menunjukkan prestasinya, kemampuannya, sportivitasnya,” katanya.

Pada Popda Jateng 2022 ini, Ganjar berharap para atlet maksimal menunjukkan prestasi dan kemampuannya. Sehingga bisa mengharumkan tak hanya diri sendiri, tapi juga sekolah, daerah, provinsi bahkan Indonesia.

“Saya berharap betul di antara yang hadir hari ini kelak akan memecahkan rekor-rekor. Kelak akan tumbuh menjadi atlet level provinsi, nasional dan berkiprah di dunia,” ujarnya disambut riuh tepuk tangan.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan, mental juara itu harus dipelihara dan disiapkan untuk para atlet pelajar menjadi anak-anak hebat yang membanggakan Indonesia.

“Dan akan mengibarkan sang saka Merah Putih di langit penjuru dunia. Itu adalah kebanggaan kita semuanya,” tegas Ganjar.

Ditemui usai acara, Ganjar menegaskan harapannya pada ajang Popda Jateng 2022 akan melahirkan bibit atlet unggul yang membanggakan bagi Indonesia di level internasional.

“Event ini menjadi ladang berlatih, berjuang dan menguji diri, sehingga kalau nanti mereka bertanding dia akan tahu persis bagaimana mengatasi kekurangan-kekurangan itu,” ujarnya.

Pemprov, kata Ganjar, terus mendukung pendampingan para atlet dengan beragam upaya. Selain ajang kompetisi popda, ada Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) untuk membina atlet pelajar berpotensi.

“Dengan cara itu kita bisa melihat atau melakukan talent scouting, dari apa-apa yng dimiliki bakat anak kita. Ya itulah proses pendampingannya kita siapkan nanti mereka bisa terus saja untuk bisa bertanding di banyak event,” tandasnya.

Sebagai informasi, Popda Jateng 2022 akan berlangsung mulai 12 Juli hingga 19 Juli. Pelaksanaannya dibagi dua tahap karena masih suasana pandemi. Total 27 Cabang Olahraga (Cabor) resmi dan lima cabor eksebisi.

Sebanyak 3.333 atlet pelajar se Jawa Tengah turut serta. Mereka akan memperebutkan 195 emas, 195 perak dan 311 perunggu. Selain di Kota Semarang, nantinya ada beberapa cabang olahraga yang digelar di Kabupaten Pati.

LINK TERKAIT