Dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Prov. Jawa Tengah, Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Prov. Jawa Tengah menyelenggarakan pembekalan kepada pelaku ekonomi kreatif yang ada di Jawa Tengah berbasis media digital dan seni budaya dengan judul "Daya Karya".
Dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Prov. Jawa Tengah, Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Prov. Jawa Tengah menyelenggarakan pembekalan kepada pelaku ekonomi kreatif yang ada di Jawa Tengah berbasis media digital dan seni budaya dengan judul "Daya Karya". Pada kesempatan ini, Daya Karya diselenggarakan di Kota Surakarta pada tanggal 22 Mei 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang yang berasal dari seniman dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Surakarta.
Kota Surakarta merupakan Kota Budaya yang memiliki banyak anak muda yang kreatif. Kreativitas anak muda ini dibuktikan dengan banyaknya produk hasil usaha atau bisnis yang mereka ciptakan sendiri. Mulai dari merchandise, barang kerajinan, kuliner, musik, video dan animasi, serta ada pula yang memiliki bisnis di bidang event organizer.
Apapun sektor bisnis yang digeluti, branding merupakan salah satu hal penting yang tidak bisa dilupakan. Branding dapat menjadi alasan yang kuat bagi para konsumen untuk membeli dan loyal terhadap produk hasil usaha dan bisnis mereka. Sedangkan branding tidak hanya berbicara tentang logo, warna dan tagline saja. Melainkan branding harus diikuti dengan suasana, aktivitas atau program yang tepat, sehingga dapat memberikan pengalaman dan kesan yang mendalam bagi setiap orang.
Pada kegiatan Daya Karya Ekonomi Kreatif ini, para peserta dibekali dengan pemahaman menggunakan branding Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal oleh narasumber Basnendar H, S.Sn, M.Ds dan Aplikasi Desain Grafis pada Branding oleh Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn untuk hasil karya yang akan dijual. Selain itu para peserta belajar mensimulasikan penerapan Branding melalui sebuah event, studi kasus Festival Payung Indonesia yang disampaikan langsung oleh seniman Heru Prasetya.
Acara ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan pengalaman baru bagi para pelaku ekonomi kreatif sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan produk usaha maupun bisnis. Selain itu, peserta dapat memperluas jaringan dan saling berbagi pengalaman bersama para pelaku ekonomi kreatif lainnya.